Sahur; Rahmat Allah Bagi Orang Yang Berpuasa

0
92

Sering kali kita mendengar lantunan shalawat tarkhim sebelum subuh menjelang imsak, nah pada bait-baitnya terucap “tasahharuu fa inna fissahuri barakah” berulang kali. Ini menunjukkan bahwasanya makan sahur memiliki keistimewaan tersendiri bagi orang yang berpuasa Ramadhan. Orang yang makan sahur adalah termasuk orang yang berbahagia, karena mendapat shalawat dari para malaikat. 

Imam Ibnu Hibban dan Imam ath-Thabrani meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

.إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ
Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.”
Sahur itu Berkah, Walaupun Seteguk Air
Makan sahur adalah makananan yang penuh dengan keberkahan, sayang sekali jika kita meninggalkan momentum makan sahur. Allah dan para malaikat-Nya mendoakan orang yang makan sahur.
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu bersabda:
.اَلسَّحُوْرُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوْهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ, فَإِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ
Makan sahur adalah makanan yang penuh dengan keberkahan, maka janganlah engkau meninggalkannya, walaupun salah seorang di antara kalian hanya meminum seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.”

 

Sahur itu Menambah Kekuatan

Meskipun hanya dengan seteguk air, maka sahur sangat disayangkan jika kita tinggalkan. Sebab, sejatinya sahur selain merupakan kesunahan adalah untuk menambah kekuatan atau tenaga bagi orang yang berpuasa.

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الإِسْكَنْدَرَانِيِّ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْجَمَاعَةُ بَرَكَةٌ ، وَالثَّرِيدُ بَرَكَةٌ ، وَالسُّحُورُ بَرَكَةٌ ، تَسَحَّرُوا فَإِنَّهُ يَزِيدُ فِي الْقُوَّةِ ، تَسَحَّرُوا وَلَوْ عَلَى جَرْعٍ مِنْ مَاءٍ ، صَلَوَاتُ اللَّهِ عَلَى الْمُتَسَحِّرِين
“Dari Abi sa’id al-iskandary, ia berkata, telah bersabda Rosulillah SAW : Berjama’ah itu berkah, sahur itu berkah, maka lakukanlah sahur karena ia menambah kekuatan, sahurlah walau dengan seteguk air, rahmat Allah atas orang orang yang melaksanakan sahur.” Wallahu a’lam Bisshawab. 
(Disarikan dari kitab: Fadhoil Syahru Romadhon, Al ‘ilal li ibni hatim, Al mughni). 

Komentar Anda