Bhakti Santri IPPAPONMAS, dari Khitanan Massal hingga Pagelaran Wayang Kulit

0
371
DCIM100MEDIA

Pacitan– Ikatan Pelajar Pacitan Pondok Tremas (IPPAPONMAS), Jum’at (16/12) memulai kegiatan Bhakti Santri di Dusun Jambu, Desa Bangunsari Kecamatan/Kabupaten Pacitan. Para santri pribumi itu bakal menggelar sejumlah kegiatan bersama masyarakat setempat hingga Ahad (18/12).

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya khitanan massal,  pengobatan gratis, donor darah, santun anak yatim, dakwah bil hal, pagelaran seni wayang kulit, dan pengajian peringatan maulid Nabi Muhammad SAW bersama KH Abdul Karim Ahmad (Gus Karim) Surakarta.

Demikian dikatakan oleh pembimbing organisasi IPPAPONMAS Ust Ali Muhadaini, sesaat sebelum pemberangkatan peserta bhakti santri, Jum’at pagi (16/) di halaman masjid Pondok Tremas Pacitan. Dikatakanya, sebanyak 350 santri putra dan putri turut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan ini.

Bhakti santri IPPAPONMAS, imbuhnya, digelar sebagai wujud mengenalkan dan mendekatkan dunia pesantren pada masyarakat. “Selain itu, bhakti santri ini sebagai bentuk mengamalkan ajaran dan nilai-nilai pesantren yang dekat dengan kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Selama mengikuti kegiatan, para santri akan berbaur dan belajar bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Mereka akan mengenalkan nilai-nilai kepesantrenan, seperti kesederhanaan, kemandirian, tolong menolong dan memberi pemahaman cara beragama yang baik sesuai dengan ajaran Ahlusunnah Wal Jamaah.

IPPAPONMAS merupakan salah satu Organisasi Daerah (Orda) yang ada di Pondok Tremas. Organisasi ini dibentuk pertama kali oleh Alm KH Harits Dimyathi, organisasi ini menaungi para santri Pondok Tremas yang berasal dari seluruh Kabupaten Pacitan.

Komentar Anda