Budayakan Hidup Sehat, Santri Tremas Gelar Donor Darah

0
198

Tremas – Diawali dengan kegiatan jalan sehat mengelilingi perkampungan desa Tremas, Jum’at (15/4) pagi santri Pondok Tremas Pacitan menggelar kegiatan bakti sosial dengan melakukan donor darah. kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Badan Eksekutif Mahasantri (BEM) Ma’had Aly Attarmasi dengan Unit Donor Darah (UUD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pacitan, Jawa Timur

Ketua BEM Attarmasi Alis Maulana menyatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memupuk kepedulian santri akan pentingnya berbagi dengan sesama dan mendorong hidup sehat para santri melalui donor darah. “Alhamdulillah antusiasme dari para santri cukup tinggi, karena banyak santri yang sebelumnya belum pernah melakukan donor darah,” jelasnya.

Dikatakanya, tujuan BEM Attarmasi melakukan aksi donor darah ini dalam rangka turut membantu meningkatkan ketersediaan darah, sebab stok darah di UUD PMI Pacitan akhir-akhir ini terbilang minim. Padahal permintaan darah masyarakat terus meningkat.” Semoga ini bisa bermanfaat untuk orang banyak dan kerjasama ini bisa terus berlanjut,” imbuhnya.

Sementara itu, para santri mengaku senang bisa mendonorkan darahnya untuk sesama. mereka mulai sadar akan pentingnya membudayakan hidup sehat melalui donor darah. Sebab, donor darah mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, diantarnya menurunkan berat badan, melindungi jantung, memperbaharui sel darah baru dan meningkatkan kesehatan psikologis.

”Awalnya takut ya karena baru pertama kali donor, tapi setelah didorong-dorong akhirnya ikut dan ternyata di badan terasa enakan,” ujar Husnul, santri asal lampung.

Dalam kegiatan ini, santri Tremas berhasil menyumbangkan sebanyak 67 kantong darah kepada PMI Pacitan. Usai mendonor, para santri mendapatkan bingkisan, berupa snack, vitamin dan makanan bergizi.

Komentar Anda