Berkah Banjir, Santri Tremas Dikunjungi Presiden Jokowi

0
1603

Tremas- Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Pacitan, Sabtu sore (9/12). Kunjungannya ini dalam rangka meninjau lokasi terdampak musibah banjir. Salah satu tempat yang dikunjungi presiden Jokowi adalah Pondok Tremas.

Presiden Jokowi tiba di kompleks pesantren pukul 16.00 dengan mengendarai mobil Indonesia Satu. Kedatangan Jokowi dan rombongan disambut hangat oleh pengasuh Pondok Tremas KH Fuad Habib Dimyathi dan ribuan santri. Saat memasuki pesantren, Jokowi disambut dengan lantunan shalawat Subbanul Wathan karya KH Wahab Hasbullah. Para santripun banyak yang berusaha mendekat dan bersalaman dengan Jokowi.

Dihadapan ribuan santri, Presiden Jokowi yang tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang mengatakan, Indonesia adalah negara besar yang memiliki beragam suku, budaya dan agama. Namun keberagaman tersebut tak membuat Indonesia terpecah dan justru semakin menguatkan.

Presiden kelahiran Solo  Jawa Tengah ini kembali mengajak kepada para santri untuk selalu menjaga ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah.

Di era millenial ini, Presiden Jokowi mengingatkan para santri agar berlaku bijak dalam menggunakan media sosial.

“Kadang disitu (media sosial) banyak sekali ujaran kebencian, banyak sekali saling mencela, banyak sekali saling menjelekkan, saling menghujat. Nilai itu harus kita hindari karena itu bukan nilai-nilai islami,” tuturnya.

Presiden Jokowi mengapresiasi kebijakan Pondok Tremas yang melarang santrinya untuk membawa HP dan menggunakan media sosial selama masih belajar di pesantren. Jokowi lalu mendorong para santri untuk semangat dan giat dalam mempelajari ilmu agama.

“Mari terus semangat belajar, belajar agar bisa berkompetisi dan bersaing dengan negara-negara lain,” demikian pesan bapak dari 3 anak ini.

Pengasuh Pondok Tremas KH Fuad Habib Dimyathi mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah berkenan hadir di Pondok Tremas untuk mengunjungi para santri. Menurut Kiai Fuad, Presiden Jokowi adalah Bapak dari seluruh warga Indonesia mulai dari sabang hingga meuroke.

“Mari kita doakan bapak Presiden kita agar selalu diberikan kesehatan. Dan terima kasih atas semuanya. Terima kasih atas apa saja yang diberikan kepada kami, sebelum dan sesudahnya. Dan semuanya kami haturkan jazakumullah ahsanal jaza’,” kata Kiai Fuad.

Presiden Jokowi dan rombongan kemudian melanjutkan peninjauan lokasi terdampak banjir di SNPN 1 Arjosari dan Pesantren Al Fattah Kikil yang tertelak tidak jauh dari Pondok Tremas. Sebelumnya Jokowi juga meninjau lokasi terdampak banjir di Kelurahan Ploso.

Pada musibah banjir yang terjadi Selasa lalu (28/11) Pondok Tremas termasuk salah satu tempat yang terdampak banjir. Di pesantren dengan jumlah 2500 santri ini, ketinggian air mencapai satu meter setengah.

Komentar Anda