Santri Tremas: Kitab Kuning Harga Mati

0
831

Tremas, Soko Tinta- Musabaqah Qiraatil Kutub Wa Khifdzin Nadzam  atau yang sering disebut dengan Lomba Kajian Kitab adalah Lomba membaca dan menelaah kitab kuning di lingkugan Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Majlis Ma’arif Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan setiap satu tahun sekali yang mana biasa dilaksanakan menjelang akhir tahun pelajaran atau sering disebut dikalangan santri dengan Cawu Tiga.

Sesuai yang telah diketahui oleh khalayak umum bahwa kitab kuning merupakan simbol dari pondok pesantren khususnya pondok pesantren salaf sehingga seorang santri dibimbing untuk menguasainya, karena dengan Al Qur’an dan  kitab kuning kita bisa lebih mengenal agama bahkan salah satu amanat dari pengasuh mengatakan Kitab Kuning Harga mati dan itu merupakan betapa pentingnya seseorang untuk mempelajarinya.

Kamis malam (08/09/2018) Perguruan Islam Pondok Trenas Pacitan kembali menggelar kegiatan Musabaqah Qiraatil Kutub Wa Hifdzin Nadzam santri.

“Alhamdulillah acara telah dilaksanakan dengan khidmat,” ujar ketua pelaksana kegiatan Ustadz Akmal Ali. Dia  juga berpesan kepada santri untuk terus berlomba-lomba menjadi yang lebih baik khususnya dalam menguasai kitab kuning.

Kegiatan Musabaqah Qiraatil Kutub Wa Hifdzin Nadzam ini diikuti oleh seluruh santri Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan dan dilombakan dengan sistim antar Asrama  yang dibagi menurut tingkatan kelas yaitu tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Salafiyah.

Adapun tempat perlombaan untuk Tingkatan Madrasah Aliah Putra bertempat di serambi masjid lantai satu, Madrasah Tsanawiyah Putra bertempat di serambi masjid lantai dua, Madrasah Aliyah Putri bertempat di Aula dan Madrasah Tsanawiyah Putri bertempat di Madrasah Super. (Zaki Nuril Ilmi)

Komentar Anda