Santri Tremas Gelar “Dziba’an” Selama 12 Malam Maulid

0
388

Tremas- Memasuki bulan Rabi’ul Awwal, yang menjadi bulan kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, santri Pondok Tremas Pacitan memulai kegiatan pembacaan shalawat dan maulid Al Barzanji selama 12 Malam Maulid.

Pembacaan shalawat dilakukan sebagai wujud ungkapan cinta dan kerinduan pada baginda Nabi. Pada pembukaan maulid yang dikenal dengan istilah Dziba’an ini, diikuti oleh santri asrama Al Ausath, Rabu malam (30/11) di serambi Asrama setempat.

Secara berturut-turut, setiap malam harinya kegiatan pembacaan shalawat Al-Barzanji akan dilakukan secara bergantian oleh santri asrama putra. Dimulai oleh asrama Al Ausath, seterusnya Bahrul Ulum, Darussalam, Al Ikhwan, Al Firdaus, Al Himmah, Al Kautsar, Al Ghozali, Al Ianah, Al Lubab, Al Yamin, RMQ dan Vokasional.

Pembacaan shalawat setiap malamnya dimulai pada pukul 21.00 hingga selesai, dan dipimpin oleh penasehat asrama masing-masing.

Sementara itu, santri asrama putri juga melakukan pembacaan maulid secara bergantian bertempat di Ndalem pengasuh.

Pada penutupan atau puncak peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW akan digelar pada Ahad malam (11/12), bertempat di halaman masjid Pondok Tremas Pacitan, yang akan diikuti oleh para masyayikh, seluruh santri dan masyarakat.

Komentar Anda